Jumat, 31 Oktober 2008

Abstrak Promosi Galeri NAsional Indonesia

Minimnya jumlah pengunjung di berbagai museum di Indonesia termasuk Galeri Nasional Indonesia (seterusnya disingkat GNI) menjadi suatu keprihatinan kita bersama. Atas dsar itu diadakan penelitian mengenai Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Mengunjungi GNI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis pelaksanaan promosi yang dilakukan GNI dan menghasilkan model promosi yang ideal bagi GNI.

Dengan mengunakan metode survai yang bersifat deskriptif analisis, dengan sampel responden sebanyak 40 orang yang merupakan pengunjung GNI dan analisis yang digunakan adalah analisis linear dan regresi sederhana. Ditemukan bahwa promosi yang dilakukan GNI mampu memikat perhatian masyarakat. Disisi lain, minat masyarakat untuk berkunjung ke GNI dirasakan cukup baik. Sedangkan pengaruh promosi terhadap minat masyarakat mengunjungi GNI dapat disimpulkan tergolong kuat. Dari hasil penelitian didapat menunjukkan bahwa hipotesis yang mengatakan adanya hubungan yang signifikan antara promosi dengan minat masyarakat mengunjungi GNI adalah benar.

Keberhasilan promosi yang dilakukan GNI bukan tidak mengalami kekurangan. Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan terdapar beberapa kendala dalam pelaksanaan promosi di GNI, yaitu ; 1) Kurangnya dana promosi, 2) Tidak adanya staf yang khusus mengelola promosi, 3) Pelaksanaan pengunaan media promosi yang kurang tepat.. Atas temuan tersebut, maka disarankan 1) Menyediakan dana yang cukup bagi pelaksanaan promosi. dengan cara Meminta tambahan alokasi dana bagi kegiatan promosi dan mengoptimalkan kerjasama yang ada. 2) Menyediakan tenaga staf promosi dengan cara; meminta Departemen Kebudayaan dan Pariwisata sebagai lembaga atasan untuk menyediakan tenaga promosi di GNI dan meminta Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk mendidik beberapa pegawai GNI untuk mempelajari promosi., 3) Mengoptimalisasi Media Promosi yang digunakan.

0 komentar: